Artikel Kuliner

Kumpulan resep, tips memasak, serta makanan & minuman khas, sehat juga alami dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Selasa, 06 Juli 2010

Black Pudding : Tidak Halal



Black Pudding Tidak Halal


Dari namanya makanan yang satu ini mungkin bisa membuat Anda terkecoh. Sebab black pudding sebenarnya bukan merupakan jenis dessert melainkan sosis yang tak halal. Yuk kenali black pudding lebih jauh?

Sosis adalah salah satu olahan daging yang sangat populer baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Mau dimakan begitu saja atau sebagai campuran nasi goreng, sayuran, hingga topping pizza rasanya tetap enak. Apalagi selain itu sosis juga merupakan salah satu sumber protein yang baik.

Jika kembali ke sejarah saat sosis ditemukan, sebenarnya sosis merupakan hasil kreasi tukang daging yang memanfaatkan sisa daging atau bagian daging yang tidak bernilai ekonomis. Misalkan saka bagian-bagian tertentu dari daging atau jeroan yang di negara tertentu bukan merupakan komoditas jualan.

Nah, selain itu di negara-negara tertentu yang kaum muslimnya minoritas seperti Eropa, Amerika dan Australia, darah pun tak jarang dimanfaatkan sebagai bagian dari sosis. Darah yang biasa digunakan adalah darah babi atau darah sapi. Biasanya darah ini dicampur dengan beberapa bahan pengisi seperti lemak babi, bawang, oatmeal, dan perasa sehingga jadilah black pudding.

Ciri-ciri black pudding sebenarnya mudah dikenali, karena sosis yang satu ini berwarna hitam pekat. Biasanya black pudding banyak dijual di supermarket-supermarket yang menjual produk import.

Oleh sebab itu sebagai konsumen muslim ada baiknya jika Anda menghindari black pudding ini. Sebab penggunaan darah sebagai bahan makanan, jelas diharamkan bagi kaum muslim. Walaupun darah tersebut berasal dari hewan halal yang disembelih secara syariah sekalipun.

(Sumber LPPOM MUI)
Detikfood.com

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda