Artikel Kuliner

Kumpulan resep, tips memasak, serta makanan & minuman khas, sehat juga alami dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Kamis, 19 Agustus 2010

Krenyes Legit si Rumput Laut

Krenyes Legit si Rumput Laut
Foto: Nova

Rumput ini bisa dijadikan menu berbuka yang enak dan segar. Bukan sembarang rumput, tapi rumput laut yang sudah diolah menjadi minuman segar. Rasanya kres..kres..renyah, dan makin segar saat disajikan dingin. Sluurp!

Saat puasa seperti ini, kita selalu menginginkan yang manis dan segar untuk berbuka. Mulai dari takjil hangat seperti kolak biji salak, setup, hingga minuman dingin seperti sirop buah, maupun sup buah. Ada satu lagi jenis minuman yang bisa Anda nikmati selama bulan puasa ini.

Yak, manisan rumput laut namanya. Manisan rumput laut ini cukup mudah ditemukan ketika Ramadan tiba. Mulai dari pasar-pasar tradisional hingga pasar swalayan besar. Rumput laut ini dijual mulai dari yang mentah atau belum diolah dan ada juga yang sudah siap untuk dikonsumsi. Beberapa juga ada yang menjual rumput laut kering.

Rumput laut ini biasa dijadikan campuran es campur atau bisa juga disantap sebagai minuman dingin biasa. Manisan rumput laut cukup mudah dibuat, proses pembuatannya juga sama dengan pembuatan manisan kolang kaling. Air rebusan gula yang sudah diberi kayu manis, daun jeruk dicampurkan ke dalam rumput laut yang sudah dibersihkan. Kemudian simpan dalam lemari pendingin agar rasanya jadi lebih enak.

Jika malas untuk membuat sendiri, manisan rumput laut yang sudah jadi juga banyak di jual di pasar-pasar. Untuk membeli manisan rumput laut di pasaran, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Selalu perhatikan kemasannya, belilah manisan rumput laut yang kemasannya jelas dan dalam kondisi yang baik. Perhatikan tanggal produksi dan juga tanggal kadaluwarsanya.
Eka Septia Wulan - detikFood

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda