Artikel Kuliner

Kumpulan resep, tips memasak, serta makanan & minuman khas, sehat juga alami dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Minggu, 15 Agustus 2010

Hilangkan Lapar dengan Makanan Berserat

Hilangkan Lapar dengan Makanan Berserat
Foto: www.happyvegetable.com

Sudah tak perlu diragukan lagi, kalau serat memang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh. Selain membantu pencernaan berfungsi dengan baik, juga bisa menghindari serangan jantung. Beberapa makanan berserat bisa dikonsumsi sebagai makanan utama yang bisa mengenyangkan loh!

Kebutuhan serat harian memang harus terpenuhi agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Selain itu, serat yang cukup menghidarkan kita dari beberapa macam penyakit, diantaranya adalah jantung, diabetes, dan juga kegemukan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kalau ternyata banyak wanita kekurangan serat. Dari 21-25 gr serat harian yang harus dikonsumsi, wanita hanya mengkonsumsi setengahnya saja.

Bayangkan jika hal ini terus berlangsung, pastinya tubuh akan mengalami gangguan yang akan di rasakan jangka panjang. Beberapa alasan tidak mengkonsumsi serat adalah rasanya yang tidak enak, atau bahkan persepsi kalau serat hanya didapat dari sayuran. Dan mungkin beberapa orang tersebut tidak terlalu menyukai sayuran.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung serat, namun sekaligus mengenyangkan sehingga dapat mengurangi konsumsi karbohidrat yang meningkatkan jumlah kalori Anda.

1. Cokelat Bubuk
Satu sendok makan cokelat bubuk mengandung 2 gr serat, dan sedikit sekali jumlah lemak jenuh di dalamnya jika dibandingkan dengan cokelat bar. Jika ingin membnuat minuman dari cokelat bubuk ini, sebaiknya jangan menambahkan gula ke dalamnya agar manfaatnya bisa di rasakan.

2. Jamur dalam Sup
Menambahkan jamur shitake kering yang sudah direndam ke dalam sup favorit Anda sebanyak yang Anda inginkan. Jamur tersebut menyumbang serat sebanyak 3gr per ons jamur. Selain serat, kandungan lentinan juga bermanfaat sebagai senyawa antikanker.

3. Edamame
Edamame atau kedelai Jepang ini bisa Anda konsumsi seperti layaknya kedelai biasa, atau bisa juga dimasukkan ke dalam tumisan Anda. Edamame mengandung asam folat, vitamin B yang dapat melindungi kaum wanita dari aknker pankreas. Setiap setengah cangkir edamame mengandung 4gr serat.

4. Gandum
Pilihlah makanan yang berasal dari gandum, seperti roti gandum, ataupun sereal gandum. Campurkan oat ke dalam meatloaf, tak hanya serat tapi mineral seperti magnesium yang bisa menurukan resiko terkena diabetes bisa Anda dapatkan.

Eka Septia Wulan - detikFood

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda