Artikel Kuliner

Kumpulan resep, tips memasak, serta makanan & minuman khas, sehat juga alami dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Senin, 23 Agustus 2010

Tips Cermat Saat Menggiling Daging di Pasar

Cermat Saat Menggiling Daging di Pasar
Foto: Detikfood

Banyak yang tak sadar memakai jasa menggiling daging di pasar ibarat penggilingan masal. Dimana beragam produk tercampur menjadi satu, mulai daging ayam, sapi, kambing, hingga daging babi. Sebagai konsumen muslim yang baik, sudah sepatutnya hal ini memperoleh perhatian khusus.

Daging cincang atau daging giling menjadi salah satu alternatif penyuka daging olahan. Cara menggiling daging pun tak sulit, potongan daging dimasukkan ke dalam mesin penggiling yang nantinya akan menggiling daging dengan cara memutar secara halus. Selain banyaknya alternatif menu yang dapat dibuat dari daging giling, segi kepraktisan juga membuatnya makin banyak disukai konsumen.

Selain untuk menggiling daging saja, beberapa tempat juga terkadang melayani jasa pembuatan bakso. Caranya, konsumen tinggal membeli daging dan kemudian membawanya kesana. Disanalah si penjual akan meracik daging menjadi bakso, tentunya disesuaikan dengan banyaknya bahan dasar daging yang dibawa.

Namun sangat disayangkan karena banyak konsumen tidak sepenuhnya sadar mengenai penggilingan daging ini. Penggilingan daging di pasar bagaikan penggilingan masal, dimana beragam produk tercampur menjadi satu mulai dari daging ayam, sapi, kambing, bahkan babi sekalipun.

Memang tidak ada catatan khusus daging apa saja yang digiling memakai mesin tersebut. Tetapi menurut pengakuan tukang penggiling daging, mereka umumnya tidak bertanya daging apa yang hendak digiling oleh konsumen. Dan tidak semua jasa penggilingan daging membatasi penggilingan hanya untuk daging halal saja. Bahkan mereka tidak memisahkan daging sapi, ayam, maupun babi.

Hal tersebut cukup ironis bagi umat muslim yang hendak mengkonsumsi makanan halal. Niat menyantap daging cincang halal bisa saja terkontaminasi oleh bahan haram yang kita tidak ketahui. Oleh karena itu sebelumnya kita bisa bertanya tersebut kepada jasa penggilingan apakah mereka hanya menggiling daging halal saja atau tidak. Meski hal tersebut bukan merupakan jaminan pula.

Persoalan itulah yang seringkali kurang diperhatikan oleh para pelaku usaha terhadap hak-hak konsumen. Tips sederhana dalam membeli daging adalah pastikan Anda membeli daging di tempat yang bersih dan ada jaminan kesehatan pada hewan potongnya. Pilihlah daging yang mempunyai penampakan baik dan tidak menunjukkkan kerusakan sedikit pun.

Nah, agar tetap aman mengkonsumsi daging cincang, akan lebih baik jika kita menggiling daging sendiri di rumah. Jika tidak memiliki penggiling daging, bisa pula dicincang secara manual hingga halus. Memang merepotkan, namun Anda bisa menikmati daging halal tanpa rasa was-was untuk disajikan kepada seluruh keluarga.

Devita Sari - detikFood

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda